Apakah Madu Asli Dikerumuni Semut ?

  • 0

Apakah Madu Asli Dikerumuni Semut ?

Category : Madu Asil

semut dan madu

Apakah Madu Asli Dikerumuni Semut – Banyak orang meyakini bahwa untuk membedakan apakah sebuah madu asli atau palsu yaitu dengan cara melihat apakah madu tersebut dikerumuni semut atau tidak. Pendapat ini tidaklah benar dan sudah dibantah oleh para ahli.

Berikut adalah pendapat para ahli tentang hubungan semut dan madu:

Prof. Dr. H.Andi Mappatoba Sila, PHD dalam bukunya yang berjudul “Buku Pengobatan Produk Lebah Madu dan Apiterapi” mengatakan bahwa “Gula dan Kalbohidrat Alami yang Paling di Sukai Semut Adalah Madu”. B. Sarwono dalam bukunya “Kiat Mengatasi Permasalahan Praktis Lebah Madu” terbitan PT. Agromedia Pustaka, Jakarta. Pada halaman 80 menjelaskan “kehadiran semut di sarang lebah madu dapat merugikan produksi, karena serangga itu memakan madu, tempayak, lilin dan sisa-sisa pakan lebah”.

Menurut Prof. Dr. D.T.H Sihombing yang merupakan guru besar Institut Pertanian Bogor pada bukunya yang berjudul “Ilmu Ternak Lebah Madu”, pada cetakan pertama yang diterbitkan pada Februari 1997 dan diterbitkan oleh Gadjah Mada University Press Yogyakarta Hal 173, menjelaskan : “Semut adalah hama bagi lebah penghasil madu yang dapat mempengaruhi produksi madu”.

Berdasarkan pernyataan dan penjelasan para ahli tersebut maka dapat kita simpulkan bahwa SEMUT SUKA MADU dan terbantahkanlah anggapan bahwa madu asli tidak disukai semut. Madu asli tetap akan dikerumuni semut.

Benar, beberapa kali kita mendapati semut tidak mau masuk ke dalam botol madu yang terbuka, namun itu bukan berarti semut tidak menyukai madu tetapi karena adanya “Frakmentasi” yang terjadi pada sehingga menyebabkan penguapan gas yang keluar dari dalam botol dan membuat semut tertahan. Namun, jika madu meluber atau jatuh ke lantai, maka semut pasti akan mengelilingi dan memakannya.


Leave a Reply