Bagaimana Cara Menyimpan Madu Asli

  • 0

Bagaimana Cara Menyimpan Madu Asli

Category : Madu Asil

Menyimpan Madu Asli

Bagaimana Cara Menyimpan Madu Asli – Madu asli memiliki manfaat kebaikan yang luar biasa banyak bagi tubuh manusia baik untuk penyembuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa khasiat madu telah kami bahas sebelumnya. Sifat madu asli yang alami serta tidak mengandung racun memungkinkan untuk mengkonsumsinya kapan saja. Lihat Cara Minum Madu yang Benar.

Meski madu dapat disimpan dan dikonsumsi dalam waktu yang cukup lama, namun kualitas madu dapat mengalami penurunan atau bahkan menjadi rusak jika tidak disimpan dengan baik dan benar.

“Bagaimana sebuah madu disimpan akan sangat mempengaruhi kualitas pada sebuah madu. Dengan menyimpan madu dengan baik maka akan dapat mempertahankan kualitas madu itu sendiri,” jelas dr. Ivan Hoesada yang merupakan praktisi dari pengobatan natural dan holistik.

Bagaimana Cara Menyimpan Madu Asli

Jangan Menyimpan Madu di Kulkas

Jangan Menyimpan Madu di Kulkas

Menyimpan madu di dalam kulkas tidak akan mempengaruhi kualitas dari sebuah madu karena madu asli tidak akan membeku seperti air meski diletakkan di dalam freezer kulkas. Lihat Ciri ciri Madu Asli Tanpa Campuran. Bahkan dr. Ivan Hoesada seperti yang dikutip pada harian kompas juga menyarankan agar menyimpannya di dalam kulkas untuk mempertahankan kualitas madu.

Namun, madu mengandung Dextrosa yang menyebabkan pengkristalan dan perubahan warna jika disimpan di dalam suhu yang dingin sehingga madu akan menjadi sulit untuk disajikan dan bentuknya-pun menjadi kurang menarik sehingga kami tidak menyarankan untuk menyimpan madu di dalam kulkas.

Kami telah membahas secara rinci terkait ini pada Bolehkah Madu Dimasukkan Kulkas?

Hindari Matahari Secara Langsung

dr. Ivan menjelaskan bahwa menyimpan madu dibawah paparan sinar matahari secara langsung akan dapat menurunkan kualitas madu karena madu akan mengalami proses oksidasi. Sangat disarankan agar menyimpan madu di dalam wadah tertutup dan terlindung dari sinar matahi. Dengan begitu maka akan dapat mempertahankan kualitas madu hingga bertahun-tahun.

Kami menyarankan agar selalu menyimpan madu pada suhu ± 30° Celcius.

Tips Hindarkan Semut Pada Madu dari Semut

Semut merupakan hama dari madu dan semut memang selalu menyukai hal yang manis sehingga secara otomatis madu akan dikerumuni semut jika tidak disimpan dengan baik. Madu yang dikerumuni semut TIDAK berarti madu tersebut palsu.

Hubungan antara madu dan semut telah kami jelaskan pada Apakah Madu Asli Dikerumuni Semut?

Lalu, bagaimana agar madu tidak dikerumuni semut?

Cara mudah, cukup olesi dengan minyak goreng atau minyak zaitun pada ujung botol (dekat tutup madu) sedikit saja atau tipis saja maka secara otomatis semut tidak akan mengerumuni madu Anda.

Hal ini karena minyak dan minyak zaitun dapat menyamarkan bau madu dari semut. Silakan mencobanya.

Semoga bermanfaat.


Leave a Reply