Manfaat Madu Bagi Tubuh Manusia

  • 0

Manfaat Madu Bagi Tubuh Manusia

Category : Madu Asil

manfaat madu bagi tubuh manusia

Manfaat Madu Bagi Tubuh Manusia – Madu telah sejak lama digunakan untuk pengobatan, kecantikan dan menyembuhkan keluhan-keluhan lainnya pada tubuh. Madu memang memiliki jutaan khasiat atau manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Manfaat madu bagi manusia ini senada dengan firman Alloh di dalam Al Qur’an pada surat An-Nahl ayat 68-69 seperti yang dikutip berikut:

“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibuat manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Rabbmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia….”(QS. An-Nahl [16]: 68-69).

Video Manfaat Madu Bagi Tubuh Manusia

Pengertian Madu

Madu adalah cairan kental yang secara umum mirip dengan sirup dan memiliki rasa yang manis, meski ada beberapa jenis madu tertentu yang memiliki rasa asam dan pahit. Madu berasal dari lebah penghasil madu. Rasa manis yang ada pada madu dikarenakan adanya zat monosakarida fruktosa dan glukosa pada madu.

Selain sudah dikenal bermanfaat untuk kesehatan, madu juga sering digunakan sebagai olesan pada bahan makanan yang hendak dipanggang atau sebagai campuran pada makanan karena rasa manisnya yang alami dan berbeda dengan gula.

Madu sendiri umumnya terdiri dari beberapa campuran senyawa fruktosa (± 38,5%) dan glukosa (± 31%). Madu juga mengandung zat yang kaya karbohidrat seperti maltosa, karbohidat dan sukrosa yang kompleks lainnya. Meski tidak terlalu banyak, madu juga sudah terbukti secara ilmiah mengandung anti-oksidan dari senyawa chrysin, Vitamin C, katalase, pinonamksin dan pinocembrin.  Umumnya, komposisi yang ada antar madu satu dengan lainnya akan sedikit berbeda sesuai dengan lebah dan jenis bunga yang dihisap oleh madu.

Manfaat Madu untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat madu untuk kesehatan berdasarkan hasil penelitian dan telah diterbitkan di beberapa jurnal ilmiah:

1. Mencegah Diabetes

Madu memiliki kandungan senyawa gula alami yang jauh lebih aman untuk dikonsumsi dibandingkan gula pasir atau sukrosa. Hal ini karena madu memiliki indeks glikemiks yang lebih rendah jika dibandingkan gula seperti yang disebutkan pada penelian Shambaugh et al., pada tahun 1990. IG atauindeks glikemiks adalah ukuran untuk menyatakan kecepatan suatu makanan dalam meningkatkan kadar gula dalam darah. Artinya, dengan mengganti gula dengan madu maka akan menurunkan resiko penyakit diabetes dan mengandalikan kadar gula dalam darah.

2. Meningkatkan Stamina

Dulu, para atlit di Yunani diketahui selalu mengkonsumsi madu dan telur untuk meningkatkan stamina dan energi sebelum bertanding. Hal inipun dibuktikan dengan sebuah penelitian yang melibatkan 39 orang atlit yang hasilnya menyatakan bahwa atlit yang diberi asupan protein dan madu memiliki energi dan stamina yang lebih baik dibandingkan mereka yang hanya memperoleh asupan protein. Untuk itu, konsumsilah satu sendok madu di pagi hari secara rutin jika ingin memperoleh stamina yang optimum. Oleh sebab itu, jika ingin memiliki stamina dan energi optimum, rutinlah mengkonsumsi satu sendok madu di pagi hari.

3. Meredakan Batuk

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 oleh Penn State College of Medicine yang melibatkan 139 anak, disimpulkan bahwa madu sangat efektif untuk meredakan batuk. Kandungan Dekstrometorfan (DM) yang ada pada madu dapat meredakan batuk anak-anak di malam hari sehingga membantu meningkatkan kualitas tidur mereka.

Penelitian lain yang telah dipublikasikan oleh Pediatrics dan dilakukan pada 270 anak usia 1-5 tahun yang mengalami batuk di malam hari karena pilek. Dalam hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa anak-anak yang meminum dua (2) sendok teh madu pada 30 menit sebelum tidur menurunkan intensitas batuk dibandingkan yang tidak meminum madu.

4. Mencegah Penyakit Jantung dan Kanker

Penyakit jantung dan kanker adalah penyakit yang paling mematikan di dunia. Kandungan flavonoid dan antioksidan yang ada pada madu sangat efektif untuk membantu pencegahan penyakit jantung dan kanker.

5. Meredakan Demam

Kondisi demam adalah tanda atau indikasi bahwa tubuh sedang mengalami masalah atau adanya gejala penyakit tertentu. Jika tidak ditangani dengan baik maka demam dapat menyebabkan komplikasi dan kejang-kejang terutama pada anak-anak.

Madu mengandung zat antiiflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dan juga meningkatkan respon kekebalan pada tubuh manusia. Dengan meminumkan madu secara rutin kepada anak maka akan dapat membantu menurunkan demam dan meningkatkan kekebalan tubuh.

6. Mengobati luka luar

Madu secara ilmiah telah terbukti secara efektif mengobati luka luar pada tubuh. Anda dapat mengoleskan madu asli (bukan madu hasil pasteurisasi) pada bagian tubuh yang mengalami luka. Madu yang tepat untuk mengobati luka luar adalah madu propolis karena madu tersebut mengandung propolis.

7. Sumber nutrisi lengkap untuk tubuh

Manfaat madu lainnya adalah sebagai sumber nutrisi yang lengkap untuk tubuh. Madu memiliki kandungan beragam vitamin dan mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh diantaranya: kalsium, niacin, asam pantotenat, riboflavin, besi, magensium, tembaga, fosfor, seng dan kalium. Dengan kandungan nutrisi yang sangat lengkap tersebut tentu madu sangat bermanfaat untuk tubuh.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Madu dapat membantu dalam meningkatkan kekebalan pada tubuh atau daya tahan dan mengurangi kelelahan pada otot.

Madu juga dapat membantu dalam memodulasi pada sistem kekebalan tubuh dan mencegah terulangnya infeksi.

9. Mencegah Anemia

Mengkonsumsi madu secara rutin dapat meningkatkan penyerapan kalsium dan hemoglobin sehingga dapat membantu melawan anemia (kekurangan darah).

10. Menurunkan Kolesterol Jahat

Madu dapat membantu dalam menurunkan kolesterol dan meningkatkan HDL atau kolesterol baik yang dibutuhkan tubuh.

11. Membersihkan Pernafasan

Mengkonsumsi madu secara teratur dapat membersihkan sistem pernafasan dari lendir

12. Mencegah Obesitas

Madu memiliki peran yang penting dalam mengelola obesitas. Dalam hal ini, madu akan dapat membantu mempercepat terjadinya metabolisme pada tubuh yang pada akhirnya membantu tubuh untuk membakar lemak lebih banyak.

Manfaat Madu untuk Kesuburan

Madu sudah terbukti memiliki manfaat untuk meningkatkan kesuburan untuk pasangan suami istri. Kami telah membahas secara khusus tentang manfaat madu untuk kesuburan pada bahasan Manfaat Madu Penyubur Kandungan.

Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

Madu sangat bermanfaat untuk ibu hamil terutama untuk menjaga kesehatan dan tumbuh kembang ibu hamil serta janin yang ada dikandungannya. Berikut adalah beberapa manfaat madu untuk hamil jika dikonsumsi secara teratur:

  • Sumber energi untuk menambah daya tahan dan tenaga selama kehamilan
  • Membantu meningkatkan nafsu makan
  • Membantu memperlancar BAB
  • Menperkuat janin dalam kandungan
  • Mengurangi masalah mual pada ibu hamil khsusnya di pagi hari
  • Sumber nutrisi yang sangat diperlukan untuk tumbuh kembang janin dan menjaga kesehatan ibu hamil

Manfaat Madu untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan, madu juga secara ilmiah telah terbukti sangat baik untuk kecantikan. Madu, khususnya madu propolis sangat efektif mengobati luka di wajah karena bekas jerawat. Pembahasan khusus tentang manfaat madu untuk kecantikan dan cara aplikasinya dapat dilihat di SINI.

Semoga bermanfaat 🙂


Leave a Reply