Manfaat Madu untuk Anak 1 Tahun Keatas

  • 0

Manfaat Madu untuk Anak 1 Tahun Keatas

Category : Madu Asil

Manfaat Madu untuk Anak 1 Tahun Keatas – Anak yang berusia dibawah 1 tahun memang belum diizinkan untuk mengkonsumsi madu. Namun, bagi anak yang berusia lebih dari 1 tahun sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi madu. Hal ini karena madu memiliki kandungan yang mampu mengurangi batuk dan gangguan tidur pada anak di malam hari yang lebih baik jika dibandingkan dengan kandungan pada obat pereda batuk ataupun antihistamin.

madu untuk anak

Umumnya, obat batuk yang saat ini beredar di pasaran maupun yang direkomendasikan oleh resep doker sebenarnya tidak direkomendasikan tetapi juga tidak dilarang sepenuhnya untuk penggunaannya. Yang menjadi pertimbangan utama peggunaan obat pereda batuk tersebut adalah dampak atau resiko efek samping dari penggunaan obat tersebut untuk anak di kemudian hari.

Kandungan alami yang ada pada madu ternyata mempunyai sifat antibakteri yang justru bermanfaat jika diberikan pada anak atau bayi di atas satu tahun. Anak yang telah berusia lebih dari setahun diizinkan untuk mengkonsumsi madu karena sistem pencernaan pada tubuhnya telah berkembang dengan baik sehingga telah mampu melawan atau membuang spora yang berasal dari bakteri clostridium botulinum ke luar tubuhnya.

Hasil penelitian lain yang berhubungan dengan manfaat madu untuk anak adalah bahwa madu dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri E. coli dan salmonella yang merupakan penyebab utama terjadinya diare pada anak. Madu secara ilmiah juga telah terbukti dapat membantu mengobati luka, borok serta pengganti gula untuk penderita penyakit gula atau diabetes.

Madu juga memiliki kandungan antioksidan, yaitu penangkal radikal bebas yang mampu menjaga sel tubuh dari kerusakan. Semakin gelap warna madu, semakin tinggi pula tingkat antioksidannya.

Manfaat Madu untuk Anak yang Batuk

Anak-anak khususnya lebih mudah terserang infeksi saluran pernafasan atau ispa yang gejala utamanya adalah sakit tenggorakan, batuk dan hidung tersumbat. Umumnya, gejala ispa tersebut disebabkan karena infeksi bakteri atau virus, seperti halnya pada pilek dan flu, yang tentu dapat menyebabkan gangguan tidur pada anak.

Konsumsi madu pada anak secara ilmiah telah terbukti mampu mengurangi gejala awal flu dan pilek paling umum, yaitu batuk. Beberapa kajian ilmiah juga menyatakan bahwa madu memiliki kemampuan untuk meredekan batuk dan gangguan tidur sama seperti halnya kandungan diphenhydramine dan dextromethorphan yang umumnya terdapat pada obat batuk, bahkan lebih baik.

Anak-anak yang secara reguler atau teratur mengkonsumsi madu 1-2 sendok makan menjelang tidur malam telah terbukti mempunyai kualitas tidur yang lebih baik serta frekuensi batuk yang berkurang hingga lebih dari 50%. (baca: cara meminum madu yang benar)

Meski sebebarnya batuk memiliki dampak lain yang baik untuk kebersihan udara pada rongga pernapasan, namun kondisi batuk yang berlebihan atau terlalu sering justru akan menguras banyak energi dan melelahkan. Konsumsi madu pada anak yang telah berusia di atas setahun dapat memberikan kesempatan pada anak untuk beristirahat dengan tenang pada malam hari.

Semua madu asli dan murni sangat baik untuk anak berusia di atas satu tahun. Seperti halnya madu penyubur kandungan, hal utama yang perlu diperhatikan saat akan memberikan madu pada anak adalah keaslian dan kemurnian madu itu sendiri (baca: ciri-ciri madu asli tanpa campuran) atau jika kesulitan mendapatkan bisa langsung mengordernya melalui kami berikut:

 

Pesan madu untuk anak asli murni 100% tanpa pengawet dan campuran sekarang:

Atau melalui WA

081329401268


Leave a Reply